Letter Taman Sedayu

Letter Taman Sedayu
Klik pada gambar diatas akan terhubung dengan Google Map Perumahan Taman Sedayu, BANTUL, arah dari titik 0 km JOGJAKARTA

Sabtu, 10 November 2012

Bercanda dengan Sampah

Adalah kegiatan reguler dalam rangka penyadaran warga akan pentingnya pemilahan sampah sejak dari rumah-rumah warga. Bersama-sama secara serentak untuk memulai pemilahan berdasarkan sampah yg masih bisa menghasilkan uang (kertas, plastik, kaca dan logam) dengan sampah yg memang sudah tidak bisa menghasilkan uang (residu).
Pemilahan ini dilakukan di rumah masing-masing jika akan membuang sampah, sampah residu dibuang di tong sampah yg sudah disediakan dengan cara dibungkus rapat sedangkan sampah hasil pilahan disimpan tersendiri dirumah masing-masing yang nantianya pada hari minggu terakhir dikumpulkan di Gardu RT 44 untuk ditimbang, dipilah lagi dan dijual.
Hasil penjualan dibagikan untuk kas Dawis yg ada di RT 44 berdasarkan prosentase hasil penimbangan awal.

Pertama kali diluncurkan pada bulan Maret 2012 di Perumahan Taman Sedayu khususnya di RT 44.
Program ini dilaksanakan pada hari minggu terakhir setiap bulannya, dimulai jam 06.00 wib di Lapangan Badminton Taman Sedayu.


Rangkaian kegiatan:
  1. Jam 06.00 wib. Warga datang membawa sampah hasil pemilahan sampah dari rumah masing-masing,
  2. Jam 06.30 wib. Senam pagi gembira bersama-sama,
  3. Jam 07.30 wib. senam selesai selanjutnya bisa diisi dengan berbagai kegiatan, al: Penyuluhan, kampanye,promosi, demo ketrampilan, diskusi, kerja bakti, dll.
  4. Jam 08.00 - 09.30 wib. Pelayanan Kesehatan GRATIS termasuk konsultasi obat, kecuali untuk periksa gula darah, kolesterol dan asam urat. diperuntukkan seluruh Warga Perumahan Taman Sedayu dan sekitarnya.
  5. Bersamaan dengan itu dilakukan pemilahan sampah berdasarkan jenis material bahan: kertas, plastik, kaca dan logam,
  6. Jam 09.00 wib. Mendatangkan pembeli sampah pilahan untuk ditimbang dan melakukan transaksi penjualan.
  7. Hasil penjualan sampah dibagikan untuk menambah Kas Dawis berdasarkan prosentase partisipasi pengumpulan sampah.
  8. Selesai pulang kerumah masing-masing untuk ISTIROHAT.
Pengumpulan sampah pilahan dari rumah masing-masing

Senam pagi bersama

Pelayanan Kesehatan "gratis" bagi seluruh warga Perumahan Taman Sedayu dan sekitarnya sebagai pelengkap kegiatan rutin, dan saat bersamaan ada peninjauan Mahasiswa Komuda Blok 20 Fak. Kedokteran UMY
Program “Bercanda dengan Sampah” tidak terduga ternyata sudah mendapat perhatian dari banyak pihak, salah satunya adalah PUSKESMAS SEDAYU 2 yg pada tahun ini memperoleh program Pengabdian Masyarakat dari Fak. Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY menunjuk RT 44 Taman sedayu sebagai obyek ajang diskusi dan pembuatan film profil "Bercanda dengan Sampah" bersama Mahasiswa Praktek Lapangan di lokasi kita.

1 komentar:

Taman Sedayu mengatakan...

semoga berkelanjutan